Karya tulis ilmiah

PENGARUH PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL TERHADAP KEMUDAHAN BERBISNIS MAHASISWA MANAJEMEN PEMASARAN POLITEKNIK NEGERI BANDUNG
ANGKATAN 2012

Karya Tulis Ilmiah
Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia Program Studi D4 Administrasi Bisnis

Disusun oleh:
IZMA AZHARI                                   125254017
NURHIKMAH                         125254027







JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA
POLITEKNIK NEGERI BANDUNG
BANDUNG
2013


Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselesaikannya karya ilmiah yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Jejaring Sosial Terhadap Kemudahan Berbisnis Mahasiswa Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2012” ini.

Karya ilmiah ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan jejaring sosial dapat memberikan kemudahan terhadap proses berbisnis mahasiswa Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2012. Selain itu dipaparkan pula mengenai pengaruh jejaring sosial beserta dampak positif dan negatifnya bagi mahasiswa.

Adapun kendala dalam penyusunan karya ilmiah ini yaitu tidak lengkapnya pengisian angket oleh mahasiswa, sehingga angket yang diterima kembali tidak sesuai dengan jumlah yang ditargetkan. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan cara meminimalisasi jumlah sampel pada penelitian ini.

Penulis berharap semoga karya tulis ini bisa menjadi acuan bagi pembaca, khususnya kalangan mahasiswa, yang ingin menjalankan bisnis dengan memanfaatkan fasilitas jejaring sosial karena dari hasil penelitian terbukti bahwa jejaring sosial dapat memudahkan proses berbisnis. Penulis juga berharap kepada seluruh pembaca untuk berkenan memberikan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan karya ilmiah ini. Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu sehingga karya ilmiah ini dapat terselesaikan tepat waktu.Semoga bermanfaat.



Bandung, 8 April 2013



Penulis



DAFTAR GRAFIK





BAB I
PENDAHULUAN

Bisnis adalah hal menarik bagi orang-orang yang ingin mendapatkan keuntungan lebih untuk mencukupi kebutuhannya. Dalam dunia bisnis, banyak inovasi-inovasi dan ide-ide baru yang bermunculan. Cara berbisnis sudah banyak berkembang, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi internet. Internet menyediakan berbagai macam sumber informasi yang bisa didapatkan secara praktis dengan waktu pencarian yang singkat. Disamping sebagai alat pencari otomatis, internet menyediakan fitur-fitur jejaring sosial yang dapat mempermudah komunikasi antar manusia di berbagai belahan dunia sehingga jarak tidak menjadi persoalan lagi. Jejaring sosial kini sedang marak dikalangan masyarakat, terutama anak muda. Mereka menggunakan jejaring sosial untuk berbagi pengalaman hidupnya. Hampir setiap hari mereka menggunakan fasilitas ini dan jarang dari mereka yang tidak memiliki akun jejaring sosial.
Seperti yang dikutip dari Harian Kompas, 20 Februari 2010 “Selain mampu menjalin komunikasi dengan teman dan kerabat, situs jejaring sosial pun memiliki banyak faedah. Berikut manfaat yang bisa diperoleh melalui situs jejaring sosial yaitu menjalin relasi bisnis dan networking. Penelitian yang dilakukan Firma Demos menunjukkan situs jejaring sosial membantu pekerja dalam mencari relasi bisnis dan bisa mendongkrak penjualan produk perusahaan...”. Melihat fenomena seperti ini, ditinjau dari segi manfaatnya, penulis beranggapan bahwa jejaring sosial dapat membantu kelancaran proses berbisnis, terutama bagi pelaku bisnis dikalangan mahasiswa.
Oleh karena itu, penulis akan melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana jejaring sosial dapat memudahkan proses berbisnis bagi mahasiswa. Objek yang akan kami teliti khususnya adalah mahasiswa Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2012.
Pembahasan dalam karya ilmiah ini penulis batasi agar tidak terlalu luas. Adapun yang menjadi batasan masalah dalam karya ilmiah ini adalah sebagai berikut:
1.   Penulis hanya meneliti mahasiswa Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2012.
2.   Pengaruh jejaring sosial terhadap kemudahan berbisnis mahasiswa Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2012.

Adapun tujuan dan manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jejaring sosial terhadap kemudahan berbisnis mahasiswa Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2012.

Metode yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah penelitian survei dengan menyebarkan angket kepada mahasiswa Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2012.

       Pada karya ilmiah ini akan dijelaskan hasil penelitian mengenai “Pengaruh Penggunaan Jejaring Sosial Terhadap Kemudahan Berbisnis Mahasiswa Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2012”.
       Dimulai dengan Bab I Pendahuluan, yaitu terdiri dari latar belakang, batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, dan sistematika penelitian.
       Pada Bab II Tinjauan Pustaka, akan dibahas mengenai pengertian jejaring sosial, jenis-jenis jejaring sosial, pengertian bisnis, dan faktor-faktor yang berpengaruh dalam berbisnis.
       Kemudian pada Bab III Data dan Analisis Hasil Penelitian, akan dipaparkan mengenai data, hasil, dan analisis penelitian yang diperoleh dari pengisian angket. Terdiri dari pengaruh jejaring sosial terhadap aktivitas mahasiswa Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2012, dampak positif dan negatif yang ditimbulkan jejaring sosial terhadap proses berbisnis mahasiswa Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2012, dan kemudahan penggunaan jejaring sosial dalam berbisnis bagi mahasiswa Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2012.
       Pada bab terakhir, Bab IV Penutup, akan diperoleh simpulan dari hasil penelitian beserta saran.



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukkan bagaimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954. Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dan lain-lain. Disebut jejaring karena kemampuannya untuk saling terhubung dengan cepat antara satu komunitas dengan komunitas lainnya.
Situs jejaring sosial diawali oleh www.classmates.com pada tahun 1995 yang fokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan www.sixdegress.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan secara tidak langsung. Layanan jejaring sosial berbasis web menyediakan berbagai cara bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, voice chat, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, jenis-jenis jejaring sosial pun semakin beragam. Berikut adalah beberapa jenis jejaring sosial yang sedang marak digunakan:
1.    Facebook
Facebook adalah situs jejaring sosial paling populer saat ini dengan 900.000.000 pengunjung berbeda setiap bulan. Situs ini diprakarsai oleh MarkZuckerbergEduardo SaverinDustin Moskovitz, dan Chris Hughes pada tahun 2004. Facebook tergolong situs jejaring sosial yang umum. Tidak dikhususkan untuk suatu relasi sosial tertentu.
2.    Twitter
Twitter memiliki pengunjung hingga 300.000.000 orang setiap bulannya. Termasuk pemain baru, Twitter langsung melejit menjadi situs jejaring sosial terkenal kedua di dunia. Banyak yang menggemari Twitter karena ringkas dan sangat cepat dalam mencari informasi terbaru.
Twitter dibangun oleh Jack DorseyNoah GlassEvan Williams, dan Biz Stone pada 15 Juli 2006. Tingkat pertumbuhan Twitter sangat luar biasa.Setahun setelah meluncur terdapat lebih dari 400.000 Tweets yang lewat dalam layanan Twitter. Jumlah ini berlipat ganda hingga 100.000.000 Tweets di tahun 2008. Kini rata-rata Tweets harian Twitter adalah 340.000.000 per hari.
3.    Tumblr
Tumblr adalah sebuah layanan tumble-log gratis yang mengizinkan penggunanya untuk memuat tidak hanya tulisan, tetapi juga mengizinkan penggunanya untuk memuat foto, kutipan, video, chat, audio, dan link. Terdapat fitur khusus yang ada pada situs Tumblr yaitu, pengguna Tumblr dapat membuat Blog yang bersifat pribadi. Blog tersebut hanya bisa dilihat oleh pengguna itu sendiri atau pengguna lain yang ditunjuk atau dipilih oleh pengguna yang memiliki akun tersebut. Pengguna dapat melihat kiriman tulisan, foto, kutipan, video, chat, dan audio. Sehingga penggunanya merasa sangat puas atas fitur yang dimilikinya.
4.    Blog
Blog merupakan singkatan dari web-log adalah bentukaplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari pengguna Blog tersebut. Salah satu jenis Blog adalah Blogspot, yaitu layanan Blog gratis yang merupakan produk dari www.google.com.
5.    YouTube
YouTube adalah video-sharing website dimana pengguna dapat mengunggah, berbagi, dan melihat video. Perusahaan ini berbasis di San Bruno, California, dan menggunakan Adobe Flash Video teknologi untuk menampilkan berbagai user-generated konten video, termasuk film klip, klip televisi, dan video musik, serta konten amatir seperti video blogging dan short video.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung ruang lingkupnya. Kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian”. Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. 
2.2.2 Faktor-Faktor yang Berpengaruh dalam Bisnis
a.    Faktor Politik
Bagi para pengusaha, tujuan, kebijakan dan stabilitas politik menjadi faktor penting dalam berusaha atau berbisnis. Situasi politik yang tidak mendukung akan berdampak negatif bagi dunia usaha dan begitu pula sebaliknya.
b.    Faktor Ekonomi
Kondisi perekonomian di suatu negara secara langsung dapat mempengaruhi kestabilan bisnis dari perusahaan. Semakin buruk kondisi ekonomi, maka akan semakin buruk pula kestabilan bisnisnya.
c.    Faktor Sosial
Kondisi sosial masyarakat selalu bersifat dinamis dan berubah dari masa ke masa, oleh karena itu perusahaan selalu dituntut untuk mampu mengantisipasi perubahan kultur sosial masyarakat. Beberapa penyebab terjadinya kondisi seperti ini, misalnya karena gaya hidup, kultural, adat-istiadat, sikap, demografis, pendidikan, ekologis maupun etnis.
d.   Faktor Teknologi
Setiap perusahaan yang ingin tetap unggul dan berkembang bisnisnya, maka harus selalu mengikuti perkembangan teknologi terkini, sehingga produk dan jasa yang dihasilkan dapat selalu menghasilkan inovasi terbaru sesuai dengan keinginan konsumen.
BAB III
DATA DAN ANALISIS HASIL PENELITIAN

3.1  Data Pendukung Penelitian

Jumlah Responden (33 orang)
Laki-Laki
42,00%
Perempuan
58,00%
Apakah mahasiswa memiliki akun jejaring sosial?
Ya
100,00%
Tidak
0,00%
Jenis jejaring sosial yang dimiliki mahasiswa
Facebook
27,35%
Twitter
26,49%
Blog
11,97%
YouTube
24,79%
Tumblr
9,40%
Apakah mahasiswa aktif menggunakan jejaring sosial?
Ya
91,00%
Tidak
9,00%
Jejaring sosial yang paling sering digunakan oleh mahasiswa
Facebook
39,39%
Twitter
48,49%
Blog
6,06%
YouTube
3,03%
Tumblr
3,03%
Seberapa sering mahasiswa menggunakan jejaring sosial?
Tiap hari
73,00%
3 hari sekali
18,00%
Seminggu sekali
6,00%
Tidak tentu
3,00%
Berapa jam rata-rata mahasiswa menggunakan jejaring sosial tiap harinya?
> 1 jam
45,46%
> 3 jam
27,27%
> 5 jam
12,12%
> 10 jam
9,09%
> 12 jam
6,06%
Apakah mahasiswa memiliki bisnis yang sedang dijalankan?
Ya
100,00%
Tidak
0,00%
Jenis bisnis yang sedang dijalankan oleh mahasiswa
Barang elektronik
17,64%
Pakaian
49,01%
Makanan
15,69%
Aksesoris
11,77%
Alat rumah tangga
1,97%
Produk Kecantikan
3,92%
Apakah bisnis tersebut milik mahasiswa sendiri?
Ya
67,00%
Tidak (4-5 orang)
33,00%
Sudah berapa lama mahasiswa menjalani bisnis tersebut?
> 1 bulan
42,42%
> 3 bulan
45,45%
> 6 bulan
3,03%
> 1 tahun
9,00%
Mahasiswa merasa senang menjalani bisnis tersebut
Ya
94,00%
Tidak
6,00%

Grafik1.Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Aktivitas Mahasiswa









 





Dari grafik diatas, dapat disimpulkan bahwa jejaring sosial dapat berpengaruh terhadap aktivitas mahasiswa Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2012 dengan keterangan sebagai berikut:
1.  Jejaring sosial dapat berpengaruh besar terhadap kehidupan mahasiswa Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2012.
2.  Jejaring sosial memiliki peranan yang penting bagi mahasiswa Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2012.
3.  Mahasiswa Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2012 ada yang mengalami ketergantungan dan tidak terhadap penggunaan jejaring sosial. Hal ini disebabkan karena kepribadian mahasiswa yang berbeda-beda.Sebagian mahasiswa menganggap dan merasa ketergantungan karena mereka telah terbiasa menggunakan jejaring sosial setiap hari sehingga hal tersebut dijadikan sebagai rutinitas atau suatu kebiasaan. Adapun mahasiswa lain yang tidak ketergantungan disebabkan karena intensitas pemakaian jejaring sosial yang jarang dilakukan sehingga tidak menjadi masalah jika mereka tidak menggunakan jejaring sosial secara intensif.

3.3  Dampak Positif Jejaring Sosial TerhadapBisnis Mahasiswa Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2012

Grafik 2.Dampak Positif Jejaring Sosial Terhadap Bisnis









 





Dari grafik diatas, dapat disimpulkan bahwa jejaring sosial memiliki dampak positif terhadap bisnis mahasiswa Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2012. Adapun dampak positifnya adalah sebagai berikut:
1.    Berbisnis menggunakan jejaring sosial lebih efektif dan menguntungkan dibandingkan dengan berbisnis tanpa menggunakan jejaring sosial.
2.    Jejaring sosial dapat mengembangkan keterampilan dan kemampuan sosial mahasiswa.
3.    Penggunaan jejaring sosial ternyata tidak membuat mahasiswa merasa malas untuk memasarkan produk secara manual. Justru dengan adanya jejaring sosial, alternatif untuk memasarkan produk menjadi bertambah sehingga mahasiswa dapat lebih aktif dalam kegiatan pemasaran produknya.
3.4  Dampak Negatif Jejaring Sosial Terhadap Bisnis Mahasiswa Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2012

Grafik 3.Dampak Negatif Jejaring Sosial Terhadap Bisnis
 















Dari grafik diatas, dapat disimpulkan bahwa jejaring sosial memiliki dampak negatif terhadap bisnis mahasiswa Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2012. Adapun dampak negatifnya adalah sebagai berikut:
1. Jejaring sosial sering dijadikan alat untuk melakukan tindak kejahatan dalam dunia bisnis.
2.  Keamanan berbisnis dengan penggunaan jejaring sosial ternyata memperoleh jawaban yang berimbang antara pilihan “Ya” dan “Tidak”. Banyak mahasiswa yang memilih jawaban “Mungkin” karena keamanan tergantung pada produsen dan konsumen itu sendiri. Barometer keamanan berbisnis dengan penggunaan jejaring sosial hanya dapat diukur oleh individu masing-masing, karena penilaian terhadap aman tidaknya suatu proses transaksi tergantung kepada bagaimana individu tersebut dapat mengantisipasi kejahatan dunia maya dan kecermatan dalam memilih produsen. Namun sejauh ini jika dilihat dari hasil survei, mahasiswa Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2012 lebih banyak yang tidak pernah mengalami penipuan.Bisa disimpulkan bahwa berbisnis melalui jejaring sosial bagi mereka cukup aman untuk dilakukan.


Grafik 4.Kemudahan Berbisnis Mahasiswa Dengan Penggunaan Jejaring Sosial









 








Dari grafik diatas, dapat disimpulkan bahwa jejaring sosial dapat memberikan kemudahan kepada mahasiswa Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2012. Adapun yang menjadi kemudahannya adalah sebagai berikut:
1.    Jejaring sosial memudahkan mahasiswa untuk berinteraksi dengan konsumen.
2.    Jejaring sosial memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan dan menjalin kerjasama dengan banyak relasi bisnis.
3.    Jejaring sosial memudahkan mahasiswa dalam hal pemasaran produk.
4.    Jejaring sosial dapat mengefektifkan waktu berbisnis.
5.    Jejaring sosial memudahkan proses transaksi.
6.    Jejaring sosial memudahkan  mahasiswa memperluas cakupan bisnis secara global.
7.    Jejaring sosial memudahkan  konsumen mendapatkan informasi produk dan harga yang mereka butuhkan.
8.    Jejaring sosial membantu mahasiwa mendapatkan informasi seputar perkembangan dunia bisnis.
9.    Jejaring sosial membantu mahasiswa menyiasati persaingan bisnis.
10.  Jejaring sosial membantu mahasiswa membuat inovasi-inovasi terbaru untuk produk yang dijual.




BAB IV
PENUTUP

Dari hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa jejaring sosial memang dapat memberikan kemudahan terhadap proses berbisnis mahasiswa Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2012. Selain memberikan kemudahan, jejaring sosial pun dapat memberikan pengaruh, dampak positif, dan dampak negatif terhadap mahasiswa. Pengaruh dan dampak-dampak tersebut tergantung dari bagaimana mahasiswa menyikapi penggunaan jejaring sosial itu sendiri.

Saran dari penulis yaitu gunakanlah teknologi internet, khususnya jejaring sosial, dengan hal-hal yang bermanfaat dan tidak menjadikan dampak negatif pada diri kita. Mahasiswa sebaiknya tidak hanya mendapatkan keuntungan dalam berbisnis melalui jejaring sosial saja, namun apabila dicermati, mereka dapat memperoleh pembelajaran dari hal-hal negatif yang beredar dalam jejaring sosial. Mahasiswa dapat lebih waspada terhadap kejahatan dunia maya dan dapat menjadi produsen yang jujur dengan mengutamakan kepuasan konsumen.






Aldini, Wilandari. (2012). Jenis-Jenis Jejaring Sosial. [Online]. Tersedia: http://wilandarialdini.blogspot.com/2012/10/jenis-jenis-jejaring-sosial.html
[12 Maret 2013].

Hamdan, Dean Miftahul. (2013). Macam-Macam Jejaring Sosial. [Online]. Tersedia: http://deanmiftahulhamdanixc.blogspot.com/2013/01/macam-macam-jejaring-sosial_24.html [12 Maret 2013].

Putra. (2010). Macam-Macam Jejaring Sosial. [Online]. Tersedia: http://upinoipinimon.blogspot.com/2010/11/macam-macam-jejaring-sosial.html
            [12 Maret 2013].

Sio. (2012). 7 Jejaring Sosial yang Paling Populer. [Online]. Tersedia: http://jurnal.heck.in/7-jejaring-sosial-yang-paling-populer.xhtml [12 Maret 2013].

Sitabungadia. (2010). Faktor-Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Bisnis di Indonesia. [Online]. Tersedia: http://sitabungadia.wordpress.com/2010/09/21/faktor-faktor-apa-saja-yang-mempengaruhi-bisnis-di-indonesia/ [12 Maret 2013].

Sutrisno, Presdir. (2012). Pengertian Bisnis. [Online]. Tersedia: http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2012/11/14/pengertian-bisnis-503058.html
[12 Maret 2013].

Wikipedia. (2013). Blog. [Online]. Tersedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Blog[12 Maret 2013].

0 komentar:



Posting Komentar

Blogger Templates